Langsung ke konten utama

12 Tempat Wisata di Jember Paling Populer

1. Pantai Puger Jember

Tempat wisata Jember yang satu ini adalah yang paling ramai dikunjungi. Masyarakat di sana, terutama segmen anak-anak muda menyukai pantai ini sebagai tempat hiburan yang menarik.
Pantai Puger Jember
Pantai Puger Jember
Pantai Puger juga adalah tempat bagi mereka yang punya hobi memancing. Salah satu tempat wisata di Jawa Timur ini adalah yang populer dikunjungi. Terdapat Tempat Pelelangan Ikan di pantai ini yang menjual ikan-ikan segar. Di sekitar kawasan Pantai Puger, terdapat Cagar Alam Puger Watangan yang memiliki pesona sumber air kucur.
Baca juga: Inilah 10 Wisata Pantai di Jawa Timur Paling Populer

2. Pantai Bandealit Jember

Di pantai ini Anda dapat melakukan beberapa aktivitas olahraga air, misalnya body surfing. Untuk body surfing, Anda dapat menyewa perlengkapan yang telah disediakan oleh pihak pengelola pantai. Ada juga pilihan kegiatan lainnya, seperti menyusuri sungai menggunakan speedboat, berkano, atau melihat burung yang banyak hidup di kawasan tersebut.
Pantai Bandealit Jember
Pantai Bandealit Jember
Selain pantai, beberapa objek wisata menarik di kawasan ini di antaranya adalah penangkaran rusa timor serta Green House. Di Green House, Anda akan melihat koleksi tanaman bunga anggrek.

3. Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)

Pantai Papuma memiliki pasir putih yang indah dengan rimbunan pepohonan yang ada di sekitar tepi pantai. Tempat wisata Jember yang satu ini adalah pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari kepenatan dan rutinitas, sebuah tempat refreshing yang menarik. Untuk dapat masuk, Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp 12.500 per orang.


Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)
Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)
Di sekitar pantai juga terdapat sebuah gua yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, gua tersebut adalah goa lawa yang memiliki kedalamam sekitar 30 meter. Para wisatawan hanya dapat memasuki goa ini apabila air laut sedang surut.
Menurut mitos masyarakat lokal, gua tersebut dipercaya sebagai tempat bersemayamnya putri penguasa laut selatan, juga dipercaya sebagai tempat bertapanya kyai mataram. Pantai Papuma ini adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi.

4. Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo terletak bersebelahan dengan Pantai Papuma. Kedua pantai tersebut berlokasi sekitar 40 km dari pusat kota Jember. Nama Watu Ulo diambil karena di pantai ini terdapat susunan bebatuan (watu) yang memanjang seperti ular (ulo). Bebatuan tersebut tersusun mulai dari pesisir pantai sampai ke tengah laut.
Pantai Watu Ulo Jember
Pantai Watu Ulo Jember
Keindahan pantainya tidak jauh berbeda dengan pantai Papuma karena lokasinya yang memang berdekatan, namun di sekitar pantai ini anda dapat menjumpai berbagai toko yang menjual aneka kerajinan yang bahan dasarnya diambil dari laut.
Selain itu, ada acara Pekan Raya yang selalu diadakan setiap tahun di pantai ini pada tanggal 1-10 syawal atau setelah hari raya lebaran. Pada pekan raya tersebut, masyarakat datang ke laut untuk melaksanakan prosesi persembahan dengan melarung sesaji ke tengah laut sebagai wujud rasa syukur mereka.

5. Tiara Waterpark Jember

Inilah tempat wisata di Jember yang menawarkan suasana bermain keluarga yang mengasyikkan dengan berbagai fasilitas permainan. Tiara Waterpark ini merupakan salah satu taman air yang paling ramai dikunjungi di daerah Jember. Lokasinya hanya berjarak sekitar 2 km dari Universitas Jember dan buka hingga pukul 10 malam.
Tiara Waterpark Jember
Tiara Waterpark Jember
Untuk tiket masuk Tiara Waterpark, mulai dari pukul 5 sore tidak dipungut biaya masuk untuk Non Waterboom. Selain wahana permainan, di Tiara Waterpark juga tersedia Cafe Area (free karaoke & free wifi).

6. Waterboom Niagara Jember

Waterboom Niagara adalah tempat wisata Jember yang tergolong baru di kawasan Ambulu. Berbagai fasilitas taman air terdapat di dalamnya. Ada dua buah kolam di dalam taman air ini. Satu kolam besar dengan kedalaman 160 cm untuk remaja dan dewasa, satu lagi kolam dengan ukuran yang lebih kecil sedalam 6 cm untuk anak-anak.
Waterboom Niagara Jember
Waterboom Niagara Jember
Waterboom Niagara ini cocok bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak menghabiskan waktu berlibur dengan bermain air atau berenang.

7. Taman Botani Jember

Dengan konsep wisata alam yang mengusung tema pendidikan, Taman Botani di Jember ini mencoba mengajak masyarakat dan wisatawan yang datang untuk lebih mencintai lingkungan. Taman ini terletak sekitar 11 km ke arah barat alun-alun Jember. Di sana, Anda dapat menjumpai kebun herbal dengan 300 jenis tanaman obat-obatan berbeda.
Taman Botani Jember
Taman Botani Jember
Ada pula penangkaran hewan yang di dalamnya terdapat berbagai spesies hewan, seperti kalkun, rusa, cendrawasih, angsa, merpati, merak, dan hewan lainnya. Untuk dapat masuk, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Taman Botani sebesar Rp 5 ribu per orang.

8. Pemandian Kebon Agung Jember

Pemandian Kebon Agung ini berada di Kebon Agung, Kaliwates, Jember. Ada dua buah kolam renang dengan sumber air alami yang dialirkan dari mata air Watu Remuk. Untuk orang dewasa, tersedia kolam dengan ukuran 50×20 m berstandar internasional.
Pemandian Kebon Agung Jember
Pemandian Kebon Agung Jember
Sejumlah fasilitas pendukung, seperti taman bermain, hotel, dan restoran juga akan dapat Anda temukan di tempat pemandian Jember yang satu ini.

9. Kawasan Puncak Rembangan Jember

Lokasinya hanya berjarak 15 km ke arah utara kota Jember, berada pada ketinggian 650 m dpl. Kawasan wisata Rembangan menonjolkan wisata pegunungan dan agrowisata. Selain itu puncak Rembangan memiliki tempat pemandian berair alami yang terawat kebersihannya.
Anda dapat melihat kota Jember dan sekitarnya dari tempat ini. Pesona wisata Rembangan di Jember ini memiliki daya pikat yang kurang lebih sama seperti yang ada di tempat wisata Puncak Bogor.
Kawasan Puncak Rembangan Jember
Kawasan Puncak Rembangan Jember
Di malam hari, panorama kota Jember dengan kilau lampu akan terlihat sangat menawan. Anda dapat menikmati pisang keju yang sangat lezat dan teh jahe yang spesial di Rembangan.

10. Pemandian Patemon Jember

Lokasi pemandian Patemon ini sekitar 30 km arah barat dari pusat kota Jember, berada pada  ketinggian sekitar 500 m dpl. Sumber air pemandian Patemon ini berasal dari mata air lereng Pegunungan Argoporo.
Pemandian Patemon Jember
Pemandian Patemon Jember
Di akhir pekan dan hari libur, salah satu tempat wisata di Jember ini juga ramai dikunjungi para wisatawan. Kawasan wisata pemandian Patemon adalah tempat yang cocok bagi Anda yang ingin melakukan refreshing serta berlibur bersama keluarga.

11. Air Terjun Tancak Jember

Letak air terjun ini berada di daerah perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, sekitar 16 kilometer arah barat daya kota Jember. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Jember menuju Desa Suci, tempat di mana air terjun ini berada.
Air Terjun Tancak Jember
Air Terjun Tancak Jember
Perjalanan menuju lokasi air terjun dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer dari Desa Suci. Air Terjun Tancak memiliki ketinggial 82 m dengan debit air 150 meter kubik per detik. Air terjun ini memiliki lintasan pendakian yang aman.

12. Situs Duplang Jember

Situs Duplang memiliki beberapa koleksi peninggalan masa megalitikum di antaranya kubur batu, batu kenong, dan menhir. Situs peninggalan prasejarah ini terletak di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Jember.
Situs Duplang Jember
Situs Duplang Jember
Situs yang diperkirakan telah ada sejak abad 4 Masehi ini memberi bukti bahwa di Desa Kamal terdapat kehidupan manusia purba yang hidup berkelompok, menetap, dan bercocok tanam.

































































































































sumber :  initempatwisata.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Pot Tanaman Gantung dari Botol Plastik

Siapkan bahan dan alatnya untuk menbuat pot dari botol plastik : botol bekas, kawat, cutter, tang, tanah dan tanamannya ( tanaman gantung ) Botol bekas terserah deh, yang penting botol bekas. Pakai bahan lain seperti kaleng-kaleng bekas juga bisa. botol bekas air mineral Cutter buat memotong atau membuat lubang pada botol bekas. Pakai gunting juga bisa. cutter Kawat secukupnya, buat gantungin botolnya nanti. Ini aku beli segulung cuma 5 ribu rupiah. kawat Ini tanah buat nanam tanamannya tanah sedotan lubangi tutup botol dengan paku lubangi juga botol bagian bawah potong botol buat tempat tanamannya masukkan kawat ke botol kasih sedotan biar lebih cantik buat lingkaran pada ujung kawat buat gantungan pada ujung kawat satunya jadinya seperti ini dan tinggal ngasihtanaman atau bunganya Ini juga ada beberapa contoh macam-macan model bentuk lain, tergantung kreatifitas kita. Siapkan bahan dan alat

Jajanan pasar: Klepon

Bahan-bahan 200 gr tepung beras ketan 200 ml air putih hangat 150 gr kelapa parut 2 tetes pandan essence secukupnya gula merah sisir 2 lembar daun pandan ikat secukupnya garam secukupnya air untuk merebus kleponnya nanti Langkah Sambil menyiapkan adonan, kukus kelapa parut terlebih dahulu selama kurang lebih 20menit, beri daun pandan ikat Masukkan 2 tetes pandan essence ke dalam 200ml air hangat, aduk sebentar.

Cara Membuat Boneka Orang Muslim dari Kain Flanel

Alat dan Bahan : 1. Kain Flanel 2. Benang 3. Lem / Glue Gun 4. Dakron / Kapas / Kain Perca 5. Bolpoin 6. Mata Boneka 7. Gunting Tutorial Membuat Boneka Orang Muslim / Muslimah dari Kain Flanel 1. Membuat Pola Boneka Orang Muslim / Muslimah dari Kain Flanel seperti ini Bagian Boneka : 1. Badan (2 buah) 2. Lingkaran Kepala (2 buah) 3. Jilbab (2 buah) 4. Celana (2 buah) 5. Baju (2 buah) 6. Sepatu (4 buah) 7. Aksesoris 2. Jahit 2 lembar bagian kepala boneka dengan tusuk feston.Sisakan sedikit untuk memasukkan dakron/kapas kedalam kepala secara merata lalu jahit sisa tepinya agar menutup sempurna. 3.  Lakukan hal yang sama seperti nomer ke 2 pada bagian badan, tangan dan kaki boneka orang muslim / muslimah. 4.  Jika sudah selesai akan terlihat seperti di bawah ini. 5. Tempelkan 4 buah bagian sepatu ke kaki boneka muslimah tersebut. Kemudian jahit dengan tusuk feston agar kuat dan rapi. 6. Tempelkan 2 buah celana depan dan belakang dipingga