Tema proyek/Kegiatan Kelas kali ini adalah : “Sumber Daya
Alam yang menunjang Pembangunan Daerah
1.
Diskusikan bagaimana caranya untuk menunjukkan
Sumber Daya Alam yang dapat dimanfaatkan untuk membangun daerah sekolahmu,
misalnya:
a.
Sumber daya alam (hayati/nonhayati) yang ada
disekolah, antara lain:
Hayati:
|
Non
Hayati:
|
taman sekolah
|
air
|
pohon peneduh
|
tanah
|
kolam ikan
|
angin
|
b.
Keunggulan potensi sumber daya alam yang ada di daerah
sekolahmu, dibandingkan dengan sekolah yang lain di Indonesia
-
Disekolah
:
Banyak pohon peneduh yang berfungsi selain untuk berteduh juga sebagai
sumber Oksigen sehingga, kebutuhan udara bersih di sekolah dapat tercukupi.
-
Disekolah
lain :
Tidak terdapat pohon peneduh sehingga sekolah terlihat panas dan gersang,
serta kadar oksigen di sekolah tersebut kurang.
c.
Sumber daya alam strategis sebagai modal dasar
pembangunan nasional apa saja yang terdapat di sekolahmu
-
ranting ranting pohon dapat digunakan sebagai
kerajinan tangan yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan untuk kegiatan
sekolah.
d.
Apakah pengelolaan SDA di sekolahmu sudah
memperhatikan prinsip prinsip optimal dan lestari
-
sudah, setiap hari semua tanaman baik tanaman perindang maupun tanaman di
taman selalu disiram dan diberi pupuk secara berkala
e.
Apa peran kelembagaan dalam pengelolaan sumber
daya alam (operator, regulator, dan kontrol)
- Operator : mengelola waktu
tanam dan waktu perawatan tanaman.
- Regulator : Pengawasan
terhadap gulma gulma yang ada disekitar taman.
- Kontrol : Melakukan
pengawasan terhadap ketersediaan pupuk dan sumber daya air yang digunakan untuk
perawatan tanaman.
f.
Apa simpulan kalian tentang sumber daya alam
yang menunjang pembangunan di sekolahmu
-
Tanaman tanaman perindang yang ada di skeolah
merupakan sumber daya alam yang dapat menunjang pembangunan hal ini dapat
diwijudkan dengan memanfaatkan sisa sisa ranting yang jatuh untuk digunakan
sebagai kerajinan yang memiliki nilai ekonomis.
Komentar
Posting Komentar